Edition : English
Credit Union Pancur Kasih
Badan Hukum No.735/BH/X - 26 Desember 1996
Jalan 28 Oktober No1-7 Pontianak Utara 78241
Telp : 0561-881951, Fax : 0561-884660
email : cupkindo@gmail.com, info@cupk.org
Delly Handoko, Aktif sebagai Anggota, Tenaga Pokti dan Kolektor

Delly Handoko adalah salah satu anggota aktif CU Pancur Kasih TP. Subah. Menjadi anggota aktif tidak hanya terlibat dalam simpan dan pinjam tetapi juga menjadi tenaga sukarelawan (Volunteer) CU Pancur Kasih sebagai tenaga Pokti dan Kolektor (tim tagih).  Menjadi tenaga sukarelawan untuk CU Pancur Kasih adalah salah satu bentuk kepedulian Delly demi membantu anggota-anggota lain untuk mencapai kesejahteraan.

“Setiap bulan harus mengumpulkan setoran dari anggota-anggota terdekat, yang bisa kita kumpulkan, kita kumpulkan”, kata Delly saat menceritakan tugas dan fungsi nya sebagai tim Pokti. Sebagai kolektor, tidak hanya terbatas mengumpulkan setoran anggota, kami juga menyarankan kepada mereka agar lebih baik menyetor sendiri simpanan dan pinjamannya ke kantor. Hal ini supaya anggota semakin lebih mengenal petugas yang ada di tempat pelayanan.  

Delly juga menyarankan kepada anggota lain untuk setiap bulan mengangsurkan kewajiban dan simpanan yang dimiliki, katanya, “Anggota yang menyetor misalnya untuk angsuran sekedar Rp. 200.000 tetapi mereka harus membayar Rp. 500.000,  itu lebih baik dari pada anggota yang tidak mengangsur sama sekali kewajiban dan simpanannya”. Hal ini karena dengan mereka setor setiap bulan berarti nilai keaktifan dan kedisiplinan menabung masih ada, sehingga hak-hak mereka masih tetap ada juga. Dibandingkan dengan anggota yang sama sekali tidak menyetor selama 6 bulan, dan tiba-tiba mereka mau klaim perlindungan dan solidaritas, ini berarti hak mereka sudah tidak bisa digunakan lagi. Intinya, anggota harus rutin menabung agar hak-hak mereka tetap ada.

Menjadi seorang tenaga pokti dan kolektor tidak semudah membalikkan telapak tangan. Antara kolektor dan anggota harus terjalin komunikasi yang baik sehingga dapat menemukan titik temu permasalahan anggota apabila mereka dalam keadaan yang sulit sehingga menyebabkan kredit lalai. “Komunikasi yang baik dapat menimbulkan kesadaran mereka secara individu”, katanya saat menceritakan hal terpenting yang harus dilakukan sebagai jembatan penghubung anggota dan CU.

Barage CU Malangkah Repo

Ikuti Kami
Website Resmi Credit Union Pancur Kasih | Kalimantan Barat | Indonesia
Copyright © 2013 by ICT CU Pancur Kasih, All Rights Reserved