Edition : English
Credit Union Pancur Kasih
Badan Hukum No.735/BH/X - 26 Desember 1996
Jalan 28 Oktober No1-7 Pontianak Utara 78241
Telp : 0561-881951, Fax : 0561-884660
email : cupkindo@gmail.com, info@cupk.org
Marselina, anggota TP. Pemangkat

Menyadap karet merupakan sumber penghasilan utama bagi petani karet yang ada di pedesaan. Penghasilan utama cukup menjanjikan saat harga karet belum turun drastis. Sekarang, petani karet harus berusaha lebih demi mendapatkan sesuap nasi. Sama halnya yang dialami oleh Marselina, seorang petani karet yang menjadikan karet sebagai sumber penghasilan utama keluarganya.

Marselina berkeyakinan untuk dapat membahagiakan orang tuanya. Oleh sebab itu, untuk membantu kehidupan ekonomi orang tua dan keluarganya, ia bergabung bersama Credit Union (CU) Pancur Kasih di TP. Pemangkat. Ia bergabung bersama CU sejak tahun 2008 atas nama ibu dan ayahnya. Menurutnya, ia berkewajiban untuk menabungkan mereka. Semua penghasilan yang diterima sebagai petani karet dan menjual bahan sembako, ia tabungkan untuk kedua orang tuanya.

Keanggotaan di CU atas nama kedua orang tua, membuat Marselina belajar dan semakin mengerti tentang CU terutama sistem simpan dan pinjam. Pengetahuan tentang lembaga CU ia terima saat mengikuti Pendidikan Dasar CU.  “Jaman dulu orang tua tidak paham tentang CU, jadi saya yang mudanya ikut dengan tujuan untuk memberi pengertian dan pemahaman kepada ibu”.

Credit Union menurutnya sangat membantu terutama untuk menyekolahkan anaknya ke perguruan tinggi. Dan terbukti, saat ini ia mampu menyekolahkan anaknya di Pulau Jawa dan membuka usaha toko sembako karena mendapatkan modal pinjaman pendidikan dan modal usaha. Untuk mengembalikan semua kewajiban dari CU, Ia mengatakan, “Sumber pendapatan dari petani karet dan usaha kecil-kecilan  dari toko sembako. Memang harga karet turun, tetapi merupakan penghasilan yang pasti didapat setiap harinya. Kalau jadi petani getah, meskipun sedikit pasti ada setidaknya bisa dapat 20 – 30 kg / harinya, jadi hasilnya juga lumayan bisa dapat ratusan ribu juga. Harga dari hasil karet inilah, saya pergunakan untuk CU dan biaya semesteran anak.”

"Saya berterima kasih sekali dengan Credit Union. Ibaratnya saya berusaha ‘merangkak’ dari bawah baru bisa seperti ini. modal yang diperoleh dari CU sangat membantu kehidupan dan meningkatkan taraf ekonomi kami untuk masa depan”.

Barage CU Malangkah Repo!

Ikuti Kami
Website Resmi Credit Union Pancur Kasih | Kalimantan Barat | Indonesia
Copyright © 2013 by ICT CU Pancur Kasih, All Rights Reserved