Edition : English
Credit Union Pancur Kasih
Badan Hukum No.735/BH/X - 26 Desember 1996
Jalan 28 Oktober No1-7 Pontianak Utara 78241
Telp : 0561-881951, Fax : 0561-884660
email : cupkindo@gmail.com, info@cupk.org
Berita LainnyaRabu, 22 Januari 2014 - 10:19:05 WIB
Bagaimana Anggaran Pengeluaran Anda untuk Tahun 2014?
Administrator | dibaca: 3277 Pembaca




Masalah keuangan dalam setiap individu, keluarga maupun sebuah lembaga tidak bisa dihindari. Banyak sekali yang bisa menyebabkan seseorang mengalami bangkrut dalam arti jumlah pengeluaran lebih besar dari pendapatan. Untuk mengatasinya kita bisa merencanakan dengan baik apa-apa saja yang harus dikalkulasikan supaya kita dapat menabung sebagian uang untuk masa depan. Bagaimana anggaran pengeluaran anda untuk tahun 2014 saat ini? 

Merencanakan keuangan dan tetap bertahan pada perencanaan keuangan sangatlah tidak mudah, tetapi ini merupakan cara yang terbaik untuk mengontrol keuangan kita dan meyakinkan kita untuk menggunakan uang sesuai dengan kebutuhan yang kita perlukan. anggaran belanja

Berikut ini ada beberapa langkah untuk menyusun perencanaan keuangan anda:

  • Buatlah daftar belanjaan anda yang penting dan siapkan uang untuk keperluan tersebut.
  • Susunlah rencana tujuan yang akan anda capai dalam 3 bulan kedepan, tahun depan dan untuk 3 tahun kedepan.
  • Tentukan penghasilan bulanan anda. Hitunglah jumlah pendapatan bersih bulanan anda dan jangan memasukkan pendapataan lainnya yang sewaktu-waktu bisa berubah karena anda tidak dapat mengendalikannya sebagai penghasilan tetap.
  • Daftarkan biaya-biaya yang akan dikeluarkan. Anda bisa memeriksa kembali nota-nota seperti nota kartu kredit. Hal ini akan membuktikan kepada anda bahwa anda benar-benar menggunakan uang tersebut. Kalkulasikan jumlah biaya tetap seperti cicilan mobil, biaya pendidikan, cicilan rumah. biaya tetap ini sangat mudah untuk dikalkulasikan karena besarnya biaya sudah ditentukan. Selain itu, biaya fleksibel seperti untuk makanan, minuman, hiburan yang bisa berbeda dari bulan ke bulan. Jangan lupa untuk biaya tambahan seperti pajak atau asuransi untuk setiap bulanan, 6 bulanan ataupun secara tahunan. Anda juga bisa mencari sebuah program perencanaan keuangan yang bisa mencatat semua biaya-biaya pengeluaran.
  • Mulailah untuk membuat anggaran pribadi anda. Anggaran pribadi anda digunakan untuk menghitung seberapa besar uang yang anda miliki, untuk apa uang tersebut digunakan dan seberapa besar uang tersebut disimpan (ditabung untuk keperluan masa depan). Anggaran yang dibuat harus sesuai dengan keinginan yang akan dicapai. Biaya yang diperlukan harus kurang dari atau sama dengan total pendapatan anda. Apabila pendapatan anda tidak cukup untuk menutupi semua biaya, aturlah kembali anggaran anda dengan memutuskan biaya apa saja yang perlu dikurangi.
  • Menyisihkan uang anda terlebih dahulu. Menabung adalah bagian yang terpenting untuk melindungi diri anda secara financial. Sisihkan uang anda sebanyak yang anda bisa, bahkan jumlah yang sedikit juga bisa membuat perubahan yang besar jika tetap disimpan. Sebenarnya menabung ini bertujuan untuk menyediakan dana darurat yang sewaktu-waktu dapat digunakan untuk menghidupi biaya hidup. Selain itu dana darurat ini juga bisa untuk memenuhi tujuan yang akan anda capai.
  • Sebagai masyarakat modern, mungkin anda memiliki kartu kredit dan anda harus berhati-hati dalam menggunakannya.
  • Hal terakhir yang perlu anda lakukan adalah mengontrol kembali pengeluaran anda secara rutin. Mengecek dan mengontrol rencana anggaran ini secara berkala untuk memastikan Anda sesuai dengan rencana. Hal ini bertujuan agar anda tidak mengalami defisit dalam hal financial sehingga anda memiliki acuan untuk mengatur keuangan anda di bulan-bulan berikutnya.

 

Sumber: http://www.mappingyourfuture.org/money/budget.htm

 

Baca Juga Informasi lainnya

Berita Pilihan

100 Koperasi Besar di Indonesia Tahun 2012
Majalah Peluang dan Info Pasar pada edisi September 2012 yang lalu, telah memuat 100 Koperasi Besar di seluruh Indonesia. Ini dia daftar 100 Koperasi Besar di seluruh Indonesia versi Majalah Peluang:   Kospin Jasa ... [Selengkapnya]
Saya adalah murid di salah satu SMA di kota Pontianak. Saat ini  saya kelas XI SMA. Saya berasal dari Kembayan, Kab. Sanggau. Saya dan orang tua hidup berpisah karena harus bersekolah jauh di Pontianak. Untuk memudahkan orang tua saya dalam mengirim uang setiap bulannya, saya masuk menjadi ... [Selengkapnya]
Ikuti Kami
Website Resmi Credit Union Pancur Kasih | Kalimantan Barat | Indonesia
Copyright © 2013 by ICT CU Pancur Kasih, All Rights Reserved