Edition : English
Credit Union Pancur Kasih
Badan Hukum No.735/BH/X - 26 Desember 1996
Jalan 28 Oktober No1-7 Pontianak Utara 78241
Telp : 0561-881951, Fax : 0561-884660
email : cupkindo@gmail.com, info@cupk.org
Berita LainnyaSabtu, 11 Januari 2014 - 11:26:36 WIB
Credit Union yang Inovatif
Administrator | dibaca: 2203 Pembaca




Inovatif menjadi nilai inti (Core Values) CU Pancur Kasih untuk tahun 2014. Perubahan ini telah disepakati bersama pada SP/BP tahun 2014. Perubahan nilai inti CU Pancur Kasih menyesuaikan dengan perubahan-perubahan yang terjadi pada Koperasi pada umumnya yaitu untuk menjadikan Inovasi sebagai pilar ke-empat selain swadaya, pendidikan dan solidaritas.

Inovatif diperlukan agar bangunan citra Koperasi Kredit semakin kokoh dalam menghadapi segala situasi perubahan ekonomi global dan kewirausahaan yang terjadi. Dalam menjalankan karya pelayanan usaha Koperasi Kredit diperlukan sikap agresif dan intens untuk mengaplikasikan inovasi. Melalui inovasi koperasi kredit dapat belajar menjadi lebih baik daripada para pesaing. 

Sebagai contoh keberhasilan yang telah menerapkan inovasi sebagai salah satu inti pokok penting yaitu Koperasi Asuransi NTUC Singapore, yang dipimpin oleh CEO (Chief Executive Officer) NTUC, Tan Kin Lian. Menurut Tan, “Inovasi adalah melakukan sesuatu yang telah pernah dilakukan sebelumnya, tetapi melakukannya dengan cara yang berbeda dan lebih baik. Tentu hasilnya bisa lebih baik atau lebih buruk. Kita dapat belajar dari hasil, kita dapat menemukan alasan yang mendasar, kita dapat mengadaptasi dan bila gagal kita dapat mencoba lagi dengan cara lain”.

Tan berpendapat bahwa inovasi menuntut strategi multi cara. Kita harus bersedia mencoba berbagai macam cara untuk mencapai hasil. Tidak tepat jika kita merencanakan inovasi karena kita tidak mampu memperoleh jawabannya melalui perencanaan. Kita harus belajar melalui eksperimen-eksperimen yang diperlukan sebagai seorang innovator dalam sebuah proses pengembangan. Dalam sebuah buku “The Practice of Innovation”, Peter M. Senge menulis: “The processs of innovation is a process of failure. By nature, innovation is a continual learning processs. You must experiment, access, reflect, mission, identify the results, experiment some more”.

Penerapan Inovasi di lembaga CU Pancur Kasih semoga dapat memperkenalkan sesuatu yang baru, gagasan-gagasan baru, mendayagunakan kemampuan dan keahlian untuk menghasilkan karya baru. Dengan adanya inovasi dituntut untuk dapat melihat perubahan sebagai sebuah kesempatan dan peluang untuk tetap berkesinambungan berkembang dalam pangsa ekonomi dan bukan sebagai ancaman yang dapat merusak keberlangsungan CU Pancur Kasih.

Barage CU Malangkah Repo…

(Admin)

Sumber: PICU, Pusat Informasi Credit Union, Ed. September-Oktober 2013, Jakarta.

Baca Juga Informasi lainnya

    Berita Pilihan

    100 Koperasi Besar di Indonesia Tahun 2012
    Majalah Peluang dan Info Pasar pada edisi September 2012 yang lalu, telah memuat 100 Koperasi Besar di seluruh Indonesia. Ini dia daftar 100 Koperasi Besar di seluruh Indonesia versi Majalah Peluang:   Kospin Jasa ... [Selengkapnya]
    “Awalnya saya dan Bapak adalah tukang jahit. Profesi ini kami jalani dari sebelum menikah. Karena kami tidak ingin berprofesi seperti itu hingga tua nanti, kami pun berpindah profesi. sejak keinginan itu ada, saya pun bergabung bersama CU Pancur Kasih sejak tahun 2003. Berkat bantuan pinjaman ... [Selengkapnya]
    Ikuti Kami
    Website Resmi Credit Union Pancur Kasih | Kalimantan Barat | Indonesia
    Copyright © 2013 by ICT CU Pancur Kasih, All Rights Reserved