Edition : English
Credit Union Pancur Kasih
Badan Hukum No.735/BH/X - 26 Desember 1996
Jalan 28 Oktober No1-7 Pontianak Utara 78241
Telp : 0561-881951, Fax : 0561-884660
email : cupkindo@gmail.com, info@cupk.org
Berita LokalSelasa, 09 April 2013 - 06:35:43 WIB
Memanfaatkan Simpanan dan Pinjaman Griya Kasih
Administrator | dibaca: 8314 Pembaca



Produk Pinjaman Griya Kasih

Griya Kasih merupakan produk simpanan dan pinjaman Credit Union Pancur Kasih terutama untuk merencanakan, membangun, membeli dan merehap rumah hunian yang layak. Simpanan Griya Kasih memiliki balas jasa sebesar 4% pa. Simpanan Griya Kasih  dan Simpanan Sa’aleatn menjadi jaminan untuk pinjaman Griya Kasih (pinjaman perumahan). Besarnya simpanan Griya Kasih agar dapat dijadikan jaminan minimal 10 % dari pinjaman Griya Kasih yang dicairkan dengan balas jasa 1.5% (menurun) dengan jangka waktu pengembalian pinjaman maksimal 180 bulan

Credit Union Pancur Kasih sebagai lembaga keuangan hanya sebagai penyedia modal saja dan untuk urusan teknis (perehapan, pemilihan rumah, dan model fisik rumah yang diinginkan) semuanya diserahkan kepada anggota. Jadi, anggota hanya mengajukan pinjaman Griya Kasih saja di Credit Union Pancur Kasih.

Persyaratan pengajuan Pinjaman Griya Kasih

  1. Memiliki Simpanan Griya Kasih.
  2. Mengisi formulir permohonan pinjaman  yang telah disediakan oleh CU Pancur Kasih.
  3. Berkonsultasi dengan bagian kredit.
  4. Fotokopi KTP (bagi yang sudah berkeluarga fotokopi KTP suami dan istri)
  5. Pas photo
  6. Fotokopi sertifikat kepemilikan rumah yang dibeli/direhap.

Seperti persyaratan peminjaman pada umumnya, Credit Union Pancur Kasih tidak mengambil keuntungan dari pinjaman Griya Kasih, hanya saja terdapat jasa pelayanan sebesar 1% dari besarnya pinjaman yang diajukan.

Bagi anggota yang memiliki saldo simpanan Griya Kasih ditambah dengan Simpanan Sa’aleatn diatas besarnya pinjaman Griya Kasih, sertifikat tanah/ surat kepemilikan rumah tidak perlu dijadikan jaminan peminjaman. Sebaliknya, sertifikat/ surat kepemilikan rumah akan dijadikan jaminan pinjaman apabila besarnya pinjaman diatas besarnya saldo Simpanan Griya Kasih ditambah dengan simpanan Sa’aleatn.

Keuntungan mengajukan pinjaman Griya Kasih di CU Pancur Kasih:

  1. Sertifikat kepemilikan rumah atas nama anggota.
  2. Bunga pinjaman yang ditawarkan adalah bunga menurun.
  3. Bunga pinjaman tidak berubah sampai dengan pelunasan pinjaman, tidak seperti di bank yang mengikuti suku bunga pasar.
  4. Angsuran anggota tidak memberatkan, karena sesuai dengan perjanjian pinjaman yang telah disepakati bersama antara Credit Union Pancur Kasih dan anggota.
  5. Anggota yang mengajukan pinjaman Griya Kasih dilindungi oleh Pewarta Credit Union Pancur Kasih.
  6. Membuka simpanan dan pinjaman Griya Kasih juga memberikan manfaat kepada anggota karena balas jasa mereka akan dikembalikan pada saat pembagian SHU (Sisa Hasih Usaha)

 

Yang perlu anggota ketahui tentang perhitungan besarnya Jumlah setoran:

Setoran tetap

Setoran tetap merupakan salah satu cara yang digunakan oleh Credit Union Pancur Kasih dengan total jumlah angsuran yang tetap setiap bulannya (sudah termasuk besarnya angsuran dan bunga). Balas jasa pinjaman yang diberikan menurun untuk setiap bulannya dan besarnya selisih bunga tiap bulan akan ditambahkan kedalam jumlah angsuran.

Sebagai contohnya:

Besarnya pinjaman Rp. 5.000.000 dibayarkan dengan jangka waktu 12 bulan dengan balas jasa 2 %pa. Untuk menghitung besarnya setoran tetap tiap bulan ada beberapa hal yang menjadi patokan yaitu jumlah pinjaman awal, suku bunga perbulan, jangka waktu peminjaman, dan faktor angsuran.

Sebagai contohnya, besarnya angsuran tiap bulan dari pinjaman diatas adalah sebesar Rp. 473.000,00 /  bulan (sudah termasuk angsuran + bunga).

Setoran pokok

Setoran pokok merupakan salah satu cara yang diberikan oleh Credit Union Pancur Kasih kepada anggota dengan jumlah angsuran yang berbeda setiap bulannya dengan rincian jumlah angsuran tetapdan bunga yang menurun. Jadi, besarnya angsuran yang harus dibayar anggota tiap bulan jumlahnya tetap tidak ada penambahan dan pengurangan.  

Perbedaan besarnya angsuran setoran pokok diatas dapat dilihat pada tabel di bawah ini:

Besarnya jumlah setoran diatas tergantung kepada kemampuan anggota dalam membayar. Kemudahan dan keringanan dalam mengangsur merupakan cara Credit Union Pancur Kasih untuk membantu anggotanya dalam mencapai kesejahteraan keluarga.

Baca Juga Informasi lainnya

Berita Pilihan

100 Koperasi Besar di Indonesia Tahun 2012
Majalah Peluang dan Info Pasar pada edisi September 2012 yang lalu, telah memuat 100 Koperasi Besar di seluruh Indonesia. Ini dia daftar 100 Koperasi Besar di seluruh Indonesia versi Majalah Peluang:   Kospin Jasa ... [Selengkapnya]
Anggota CU Pancur Kasih TP. Menjalin Menjadi single parent bagi seorang perempuan memiliki tanggung jawab yang besar bagi keluarganya. Kebutuhan anak sekolah dan biaya hidup sehari-hari semakin meningkat. Masalah seperti ini tidak menyurutkan semangat ibu Nursanah untuk tetap berusaha memperbaiki ... [Selengkapnya]
Ikuti Kami
Website Resmi Credit Union Pancur Kasih | Kalimantan Barat | Indonesia
Copyright © 2013 by ICT CU Pancur Kasih, All Rights Reserved