Edition : English
Credit Union Pancur Kasih
Badan Hukum No.735/BH/X - 26 Desember 1996
Jalan 28 Oktober No1-7 Pontianak Utara 78241
Telp : 0561-881951, Fax : 0561-884660
email : cupkindo@gmail.com, info@cupk.org
Berita NasionalJumat, 01 Juni 2018 - 11:26:50 WIB
LUNCURKAN ATM CUPK di HARI JADI Ke 31
Administrator | dibaca: 95 Pembaca



Launching ATM

 

CUPK.ORG - CREDIT UNION (CU) Pancur Kasih yang didirikan tahun 1987  pada masa awalnya sebagai  sarana untuk saling menolong dalam mengatasi kesulitan ekonomi rumah tangga bagi keluarga-keluarga dalam lingkungan YKSPK, kini CU ini terbuka untuk masyarakat umum atau terbuka untuk semua suku, agama maupun golongan.

Terbukti Anggota CU Pancur Kasih terus bertumbuh atau meningkat setiap tahunnya. Berdasarkan data statistik per april 2018 total anggota mencapai 150.072 Orang dengan Total Aset mencapai 2,2 T .

Perekrutan anggota pada masa awal berbeda dengan saat ini, ya segalanya tidaklah mudah.!!. Memberi penjelasan kepada masyarakat bahwa CU berbeda dengan koperasi lainnya begitu sulit saat itu dan banyak sekali tantangan.   Ya, Jika diceritakan pada ulasan artikel ini perlu satu buku khusus untuk menceritakannya dan itu sudah pernah ditulis sebelumnya. Saya sarankan untuk membeli buku tersebut, judul bukunya “SEGALA PERMULAAN ITU SULIT”, silahkan bagi anda yang ingin mengetahui perjuangan para pionir CU Pancur Kasih merintis CU ini hingga bisa seperti sekarang ini.

Pada tanggal 28 Mei 2018 CU Pancur Kasih tepat berusia 31 tahun. Diusianya yang ke 31 tahun banyak harapan dan cita-cita yang terus diupayakan untuk dapat diwujudkan.

 

Ketua panitia, Wasli Samuel, SH, dalam laporannya menyampaikan bahwa  pada Perayaan HUT CUPK ke-31, lembaga menyelenggarakan beberapa kegiatan.  Pada tanggal 18 mei 2018  panitia menyerahkan bantuan untuk Panti Asuhan Theresa Bhakti, Panti Jompo, Seminari Antonino Ventimiglia, dan Yayasan Sabatu yang bergerak dibidang pengobatan dan rehabilitasi kepada Pasien Penderita akibat kekurangan fisik.

 

Pada tanggal 23 Mei 2018, diadakan Pengobatan gratis di TPK. Capkala, TP. Tayan dan TP.Sekadau. Pengobatan gratis ini terbuka bagi masyarakat dan bekerja sama dengan Puskesmas di 3 wilayah tersebut. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan

Kemudian Pada tanggal 24 – 26 Mei 2018, diadakan Pameran hasil kerajinan dan usaha produktif yang dilaksanakan di halaman Kantor Pusat CU Pancur Kasih.

Selanjutnya yang kegiatan yang cukup rutin CUPK laksanakan adalah Aksi Donor Darah di Kantor Pusat, TP Bengkayang, dan TP. Ngabang  yang dilaksanakan pada tanggal 26 Mei 2018. Pada tanggal yang sama juga diadakan Lomba Mewarnai tingkat PAUD dan TK yang diselenggarakan di TP Kantor Pusat.

Perayaan Misa Syukur 

Perayaan HUT CU Pancur Kasih ke 31 dirayakan secara sederhana di 43 (empat puluh tiga) tempat pelayanan dengan acara doa bersama karyawan & beberapa anggota yang pada saat itu melakukan transaksi, sebagai ungkapan syukur acara dilanjutkan dengan makan bersama.

Pada puncak acara tersebut di semua Tempat Pelayanan , kecuali TP Siantan diadakan penjualan Paket Sembako Murah dan Perlengkapan Sekolah murah yang diperuntukan bagi anggota yang datang langsung ke Tempat Pelayanan untuk melakukan transaksi, terutama menabung dan membayar pinjamannya. Ada 645 paket sembako yang tersebar merata di semua TP dan 150 Paket perlengkapan sekolah yang tersebar di 10 TP terpilih.

Khusus di Kantor Pusat misa dipersembahkan oleh RD Alexius Alex,Pr yang juga selaku penasihat CUPK yang didampingi oleh Pastor Kornelius Kuli Keban, Msc.

Dalam homilinya Pastor Alex berpesan kepada pengelola CU Pancur Kasih  untuk terus menigkatkan pelayanan terbaik dan memancarkan kasih dalam setiap pelayanan kepada seluruh anggota.

 

LAUNCHING ATM - CUPK

Bertepatan dengan hari ulang tahun CU Pancur Kasih ke 31 telah di luncurkan dua unit ATM (automatic mesin  teller)  yang ditempatkan di dua titik yaitu di TP. Siantan dan TP. Sungai Jawi. Pengadaan Mesin ATM bukanlah untuk gagah-gagahan ataupun sekedar ikut-ikutan, pengadaan layanan ini lebih dari menjawab kebutuhan anggota dan untuk efektifitas & efisiensi layanan, ungkap Gabriel Marto sebagai ketua CU Pancur kasih saat  memberikan  sambutan diacara HUT 31 CU Pancur Kasih.

Anggota yang kebutuhannya hanya menarik simpanan tidak perlu antre di kantor pelayanan namun cukup melakukan penarikan di mesin ATM yang  disediakan.

Kedepan kemungkinan akan ditambah beberapa titik lagi terutama tempat pelayanan CU Pancur Kasih di wilayah kota.

Puspo Cahyo, SE, General Manager INKOPDIT yang saat itu memberikan sambutan mengungkapkan, bahwa Pengguna Sikopdit Online seperti CU Pancur Kasih konsisten dan adaptif terhadap segala perubahan. Terbukti pada saat HUT CU Pancur Kasih ke 31 dapat meluncurkan satu lagi produk layanan yaitu pengadaan dua unit ATM yang terkoneksi 24 Jam.  

GM Inkopdit masih dalam sambutannya mengatakan, Jika diluar sana banyak yang menilai ATM merupakan teknologi yang sudah ketinggalan zaman, namun bagi koperasi ini merupakan hal yang baru dan pastinya akan sangat membantu anggota bertransaksi nantinya. Untuk Wilayah Kota penggunaan ATM masih sangat diperlukan termasuk kalangan perbankan.

Kepala dinas Koperasi & UKM  Prov. Kalimantan Barat yang diundang khusus untuk meresmikan layanan ATM CU Pancur Kasih  bersedia hadir dan menyampaikan sambutannya didepan para tamu undangan  sebelum melakukan penekanan tombol sirene sebagai tanda diresmikannya penggunaan ATM. 

 

Dalam Sambutannya Ir, Marsianus SY berpesan “Teruslah melakukan pelayanan yang terbaik bagi anggota.  ATM CU Pancur Kasih yang hari ini secara resmi digunakan semua untuk efisiensi, sepakat dengan yang diungkapkan ketua CU Pancur Kasih, ATM untuk koperasi bukan untuk gagah-gagahan, tetapi untuk melayani kebutuhan anggota, sehingga CUPK semakin di cintai masyarakat Kalimantan  barat.

 

CUPK Mobile, 

 

Dua tahun sebelumnya pada saat perayaan HUT CUPK ke 29, CU Pancur Kasih juga telah meluncurkan  Produk layanan berbasis Mobile yang diberi nama Aplikasi CUPK Mobile. Anggota yang sudah memanfaatkan layanan ini hampir 3000 anggota sejak diluncurkan.  Berbeda dengan ATM untuk layanan penarikan tunai, CUPK mobile merupakan layanan yang disediakan CU Pancur kasih untuk bertransaksi kapanpun dan dimanapun tanpa harus datang ke kantor. Karena aplikasi cukup diakses lewat smartphone android pengguna. 

Fasilitas yang disediakan  CUPK Mobile seperti cek simpanan Saham dan Non Saham, bayar simpanan Pokok dan Wajib , berbagai transfer, Isi Pulsa, bayar  PLN,  bayar TV langganan, tagihan Telpon,BPJS,  dan masih banyak lagi.  

Kini layanan yang disediakan CU Pancur Kasih kian bertambah untuk  semakin memudahkan anggota bertransaksi.  Pada tahap awal fasilitas ATM hanya sebatas penarikan tunai, kedepan anggota bisa melakukan penyetoran lewat mesin ATM dan juga melakukan pembayaran-pembayaran tagihan seperti fasilitas pada CUPK mobile. 

Semoga diusia ke 31 Tahun  semakin banyak lagi masyarakat yang bergabung menjadi anggota CU Pancur Kasih….

Barage CU Malangkah Repo… (****) by. JBA

 

Baca Juga Informasi lainnya

Berita Pilihan

100 Koperasi Besar di Indonesia Tahun 2012
Majalah Peluang dan Info Pasar pada edisi September 2012 yang lalu, telah memuat 100 Koperasi Besar di seluruh Indonesia. Ini dia daftar 100 Koperasi Besar di seluruh Indonesia versi Majalah Peluang:   Kospin Jasa ... [Selengkapnya]
Menyadap karet merupakan sumber penghasilan utama bagi petani karet yang ada di pedesaan. Penghasilan utama cukup menjanjikan saat harga karet belum turun drastis. Sekarang, petani karet harus berusaha lebih demi mendapatkan sesuap nasi. Sama halnya yang dialami oleh Marselina, seorang petani karet ... [Selengkapnya]
Ikuti Kami
Website Resmi Credit Union Pancur Kasih | Kalimantan Barat | Indonesia
Copyright © 2013 by ICT CU Pancur Kasih, All Rights Reserved