Edition : English
Credit Union Pancur Kasih
Badan Hukum No.735/BH/X - 26 Desember 1996
Jalan 28 Oktober No1-7 Pontianak Utara 78241
Telp : 0561-881951, Fax : 0561-884660
email : cupkindo@gmail.com, info@cupk.org
Berita LokalKamis, 30 Juli 2015 - 09:59:08 WIB
Keterlibatan CU Pancur Kasih dalam Seminar Kesehatan Penyadaran Pola Hidup Sehat
Administrator | dibaca: 2300 Pembaca




Koperasi Kredit CU Pancur Kasih kembali terlibat dalam kegiatan Pusat Koperasi Kredit Borneo. Keterlibatan kopdit CU Pancur kasih sebagai tempat diselenggarakannya Seminar Penyadaraan Pola Hidup Sehat, Konsultasi Kesehatan, dan Pengobatan Ringan. Seminar ini dilaksanakan pada 25 Juli 2015 yang diselenggarakan oleh Pusat Koperasi Kredit Borneo yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat dan Dinas Kesehatan Kab. Landak. Mayoritas peserta mengikutinya dengan sangat antusias.

Menurut Ketua panitia Penyelenggara, P. Dwiraharjo, diselenggarakannya seminar kesehatan sebagai bentuk kepedulian sekaligus keprihatinan pengelola Pewarta atas penyebab klaim anggota selama 4 tahun terakhir. Menurutnya,  sampai bulan Juni 2015 tercatat > 4.000 anggota klaim, dimana 50% nya didominasi oleh penyakit-penyakit yang disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat seperti, hipertensi, kolesterol, stroke, jantung dan gangguan pernafasan.

Dalam pelaksanaannya peserta seminar kesehatan dan pengobatan ringan dibatasi pada anggota CU saja. Hal ini karena mempertimbangkan biaya, tempat dan jumlah tim medis dan paramedis. Untuk kedepannya, menurut ketua Panitia, pihak Pusbor sudah memikirkan untuk terbuka bagi masyarakat umum. Jumlah peserta seminar dihadiri ± 300 peserta, utusan dari CU Pancur Kasih dan  CU Lantang Tipo. Karena anggota yang cukup banyak dan tempat yang tersedia tidak mencukupi maka acara seminarnya di bagi menjadi 2 tempat, peserta dari CU Pancur Kasih seminar di Aula CU Pancur Kasih TP. Ngabang, peserta CU Lantang Tipo seminar di Aula CU Lantang Tipo. Untuk konsultasi dan pengobatan ringan di pusat kan di CU Pancur Kasih TP.  Ngabang. Sedangkan Puskesmas Ngabang dikhususkan untuk Pemeriksaan Kanker Serviks. 

Seminar kesehatan dengan Tema penyadaran Pola Hidup sehat, diisi dengan kegiatan konsultasi kesehatan dan pengobataan ringan. Tim Medis memberikan pelayanan konsultasi kesehatan berupa pengecekan tekanan darah (tensi Darah), pengecekan gula darah bagi orang-orang tua yang kemungkinan mengidap diabetes, pengecekan kolesterol darah supaya bisa diobati apabila terdiagnosa menginap kolesterol tinggi, dan pengecekan kanker serviks  bagi kaum perempuan. Selain itu, dalam seminar kesehatan, yang menjadi fasilitator adalah Imelda, S.Km, M.Si dengan materi seminar Penyakit tidak menular, pencegahan dan pengobatannya. Selain ibu Imelda, S.Km, M.Si, ada juga Antonius Suryadi, S.Km, M.Km dengan materi Kanker Serviks dan Pemeriksaan IVA.

Anggota yang terlibat dalam kegiatan seminar sangat merasa terbantu terutama untuk berkonsultasi dan dapat mengurangi beban mereka untuk membayar mahalnya obat yang beredar dipasaran karena mereka mendapat pelayanan pengobatan gratis. Menurut Manager CU Pancur Kasih Tp. Ngabang, Mateus Hayan, S.E, mengatakan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat diadakan terus setiap tahunnya terutama diwilayah Ngabang karena masih banyak anggota yang mau ikut tetapi karena terkendala jatah peserta yang terbatas. Selain itu juga, untuk kedepannya perlu ditambah tenaga medis supaya dapat mengatasi ramainya konsultasi / pengobatan anggota yang mengantri.

Penyadaran pola hidup sehat bagi anggota Koperasi Kredit sangat penting dilakukan karena dapat memperpanjang umur dan dapat membahagiakan keluarga. Ketua Panitia penyelenggara berharap, anggota yang hadir dalam kegiatan seminar dapat menjadi agen perubahan bagi keluarga sendiri dan masyarakat luas sehingga jumlah klaim yang disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat semakin berkurang. Semoga manfaat gerakan Koperasi Kredit semakin dirasakan oleh masyarakat luas khususnya anggota yang menjadi kunci utama perkembangan gerakan Koperasi Kredit.

 

Baca Juga Informasi lainnya

Berita Pilihan

100 Koperasi Besar di Indonesia Tahun 2012
Majalah Peluang dan Info Pasar pada edisi September 2012 yang lalu, telah memuat 100 Koperasi Besar di seluruh Indonesia. Ini dia daftar 100 Koperasi Besar di seluruh Indonesia versi Majalah Peluang:   Kospin Jasa ... [Selengkapnya]
(Bakri, anggota CU Pancur Kasih TP. Kuala Behe) Bapak yang mempunyai 7 orang anak ini memiliki usaha perkebunan kelapa sawit  telah lama bergabung menjadi anggota CU Pancur Kasih. Menurut beliau CU Pancur Kasih sangat membantu dalam mengembangkan usaha yang ia miliki. Beliau biasa dipanggil ... [Selengkapnya]
Ikuti Kami
Website Resmi Credit Union Pancur Kasih | Kalimantan Barat | Indonesia
Copyright © 2013 by ICT CU Pancur Kasih, All Rights Reserved