Edition : English
Credit Union Pancur Kasih
Badan Hukum No.735/BH/X - 26 Desember 1996
Jalan 28 Oktober No1-7 Pontianak Utara 78241
Telp : 0561-881951, Fax : 0561-884660
email : cupkindo@gmail.com, info@cupk.org
Berita LainnyaSenin, 12 Januari 2015 - 12:15:06 WIB
Koperasi Kredit (CU)
Administrator | dibaca: 4385 Pembaca




Masyarakat umum yang belum mengetahui manfaat dan kelebihan Koperasi Kredit (CU) biasanya memandang sebelah mata keberadaan Koperasi Kredit. Mereka tidak mengerti dan memahami manfaat Koperasi Kredit. Ada yang menyamakan Koperasi kredit dengan koperasi harian lainnya, tengkulak dan lembaga keuangan non-bank yang hanya mau mengeruk keuntungan pribadi.

Menurut sumber Majalah Picu, pada tahun buku 2013 yang berakhir 31 Desember 2013, jumlah CU menjadi 921 unit. Sedangkan untuk jumlah Koperasi, sumber dari Kementrian Koperasi “Rekapitulasi data koperasi berdasarkan provinsi, 30 Juni 2014”  jumlah keseluruhan 206.288 yang terdiri dari 144.839 Koperasi aktif dan 61.449 tidak aktif.

Secara umum, Koperasi Kredit merupakan bagian dari Koperasi secara umum. Koperasi Kredit termasuk kedalam jenis-jenis Koperasi berdasarkan Jenis usahanya, yang terdiri dari Koperasi Simpan-Pinjam (KSP), Koperasi Serba Usaha (KSU), Koperasi Konsumsi, dan Koperasi produksi. Koperasi Kredit adalah lembaga keuangan yang bergerak dibidang simpan pinjam yang dimiliki dan dikelola oleh anggotanya dan bertujuan untuk menyejahterakan anggotanya sendiri. Koperasi kredit muncul atas prakarsa dan mufakat sekelompok orang yang merasa mempunyai kesamaan kebutuhan dan kepentingan untuk menggerakkan suatu modal bersama, terutama yang berasal dari simpanan untuk diipinjamkan diantara sesama mereka dengan tingkat bunga yang memadai sesuai dengan kesepakatan bersama. Koperasi Kredit tidak boleh menerima dana dari luar selain dari anggota. Koperasi kredit hanya menerima dana dari anggota dan untuk anggota.

Ada 3 prinsip utama Koperasi kredit yaitu Pendidikan, Swadaya dan Solidaritas. Aspek pendidikan dalam lingkup pengembangan koperasi kredit sangat penting, karena koperasi kredit adalah gerakan ekonomi melalui kegiatan pendidikan. Negara-negara maju seperti Amerika Serikat dan Canada memiliki prinsip bahwa orang yang ingin menjadi anggota koperasi harus mengikuti tahapan pendidikan dasar. Seperti yang ada di Credit Union Pancur Kasih ada Pendidikan Dasar I dan II.  

Koperasi Kredit (CU) mengutamakan kepentingan anggotanya yaitu untuk menyejahterakan anggotanya. Masyarakat diharapkan tidak mudah terpancing dengan bujuk dan rayu dari para rentenir/tengkulak yang mengatasnamakan koperasi kredit. Koperasi kredit hanya memberikan pinjaman kepada anggota yang berwatak baik karena adanya asas pendidikan dan penyadaran sehingga mereka diajarkan untuk terus dapat mengelola keuangan dengan baik.

 

By. admin

Baca Juga Informasi lainnya

Berita Pilihan

100 Koperasi Besar di Indonesia Tahun 2012
Majalah Peluang dan Info Pasar pada edisi September 2012 yang lalu, telah memuat 100 Koperasi Besar di seluruh Indonesia. Ini dia daftar 100 Koperasi Besar di seluruh Indonesia versi Majalah Peluang:   Kospin Jasa ... [Selengkapnya]
“Awalnya saya dan Bapak adalah tukang jahit. Profesi ini kami jalani dari sebelum menikah. Karena kami tidak ingin berprofesi seperti itu hingga tua nanti, kami pun berpindah profesi. sejak keinginan itu ada, saya pun bergabung bersama CU Pancur Kasih sejak tahun 2003. Berkat bantuan pinjaman ... [Selengkapnya]
Ikuti Kami
Website Resmi Credit Union Pancur Kasih | Kalimantan Barat | Indonesia
Copyright © 2013 by ICT CU Pancur Kasih, All Rights Reserved