Edition : English
Credit Union Pancur Kasih
Badan Hukum No.735/BH/X - 26 Desember 1996
Jalan 28 Oktober No1-7 Pontianak Utara 78241
Telp : 0561-881951, Fax : 0561-884660
email : cupkindo@gmail.com, info@cupk.org
Berita LainnyaRabu, 13 Agustus 2014 - 13:31:09 WIB
Produk Unggul Jasa Keuangan, Credit Union, dalam Menghadapi MEA
Administrator | dibaca: 2703 Pembaca




Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) akan mulai diberlakukan pada 1 Januari 2015 mendatang. Berlakunya MEA berarti memberlakukan perdagangan bebas yang berlaku di seluruh negara ASEAN. Hal ini akan memberikan dampak yang nyata bagi seluruh aspek lapisan ekonomi yang akan berpengaruh pada pertumbuhan dan pembangunan di tiap negara. Pertumbuhan ekonomi berasal dari pelaku ekonomi yang sumber modalnya tidak tidak terlepas dari lembaga-lembaga keuangan sebagai wadah masyarakat untuk mendapatkan modal usaha dalam mengembangkan usaha/bisnis.  Lembaga keuangan  bank dan non-bank bersedia membantu masyarakat, seperti Credit Union (Koperasi Kredit), lembaga keuangan yang bergerak di bidang koperasi simpan pinjam. Credit Union juga sebagai produk unggul jasa keuangan harus siap sedia bersaing dengan lembaga keuangan lainnya dalam menghadapi MEA. Bagaimana Credit Union, sebagai salah satu jenis Koperasi yang bergerak di bidang Koperasi Kredit (Simpan Pinjam), memandang MEA,  Ketua CU Pancur Kasih, Drs. F.Y. Khosmas, M.Si, memberikan pendapatnya mengenai MEA :

MEA menurutnya....

Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) itu masyarakat yang akan akan bergabung di dalam kegiatan ekonomi/pasar global, dimana masyarakat masing-masing negara mempunyai produk tertentu. Produk tertentu inilah yang dianggap mereka bisa dibawa ke pasar global/ASEAN sehingga kekuatan-kekuatan mereka ada pada negara. Masing-masing negara memiliki produk tertentu yang bisa dipasarkan nanti dipasar global. Secara nyata sekarang sudah terjadi. Banyak produk luar yang masuk ke Indonesia dan sudah mempengaruhi produk yang ada di Indonesia. Indonesia harus mampu bersaing dengan produk dari luar dengan memiliki produk unggul yang  berbeda dengan negara lain.

Pengaruh terhadap CU...

Secara umum tidak ada pengaruh bagi CU. Hal ini karena CU ini merupakan kegiatan masyarakat sendiri. CU merupakan organisasi yang mengorganisir masyarakat untuk dapat menabung / berinvestasi di lembaga keuangan. Dengan adanya lembaga CU, CU dapat membantu masyarakat untuk menciptakan usaha-usaha kecil yang bisa diperjuangkan sehingga bisa bersaing dengan produk lainnya. Yang paling penting lagi yaitu pemerintah terutama dalam mengendalikan pasar global. Sedangkan CU hanya aktifitas-aktifitas kegiatan masyarakat untuk menyisihkan uangnya untuk ditabung di CU. Kemudian CU ini yang mengelola keuangan mereka sehingga mereka bisa meminjam / meminta kredit untuk menambah modal dalam pengembangan usaha-usaha mereka. Jadi CU hanya sebagai lembaga pemberi modal saja dan anggota lah yang memegang peranan penting dalam menghadapi MEA.

Peluang MEA....

Sangat memberikan peluang bagi masyarakat untuk meningkatkan/ menciptakan produk-produk yang dapat bersaing dengan produk di ASEAN

Kemungkinan CU bekerjasama dengan lembaga lain/ pihak asing...

Tidak ada kerjasama dengan pihak lain karena sulit dan tidak mungkin. CU adalah lembaga yang mengelola keuangan masyarakat bukan seperti lembaga keuangan lainnya. CU sebagai Koperasi, tempat orang berkumpul menabungkan uangnya secara bersama-sama untuk dipinjamkan ke sesama anggota mereka. Kita yang bergabung di CU, pemiliknya adalah kita semua anggota. Jadi tidak mungkin kerjasama dalam hal pengelolaan, sedangkan untuk kerjasama lain bisa saja. Misalnya ada program kerja yang dikerjakan secara bersama-sama, contohnya CU memiliki uang yang tidak dapat disimpan begitu saja tetapi bisa juga diinvestasi lembaga keuangan lain. Tetapi khusus untuk kerjasama dalam menyamakan persepsi dengan lembaga keuangan lainnya itu jelas tidak bisa. CU tetap CU, lembaga Keuangan lain tetap lembaga keuangan lain, walaupun CU juga sebenarnya mengelola keuangan.

Persiapan CU dalam menghadapi MEA....

Persiapan secara khusus tidak ada. Yang berpengaruh hanya di masalah keuangan, terutama nilai tukar kita berbeda dengan uang asing. Namun CU perlu menyampaikan informasi saja kepada masyarakat luas yaitu dengan sosialisasi tentang pengaruh dan dampak-dampak yang bisa  muncul. Pada intinya masyarakat/ anggota harus bekerja menciptakan produk unggul. Karena kita ini berhadapan dengan masyarakat yang paling bawah/dasar, untuk akses ke MEA memang berat tetapi paling tidak kita juga mempunyai kesempatan/ peluang bagi anggota untuk menjadi pengusaha, karena sekian ratus ribu anggota mungkin sudah ada yang menjadi pengusaha dan mampu bersaing di pasar global. Jika tidak mampu bersaing, menyebabkan harga-harga anjlok misalnya harga komoditi karet. Yang menjadi penyebab yaitu tentu melihat mutu/kualitas produk yang harus diperbaiki. Paling tidak masyarakat yang mau menciptakan produk baru itu harus memperhatikan mutu produk yang berkualitas sehingga nilainya juga bisa diangkat.

 

By: Admin (dmt)

Baca Juga Informasi lainnya

Berita Pilihan

100 Koperasi Besar di Indonesia Tahun 2012
Majalah Peluang dan Info Pasar pada edisi September 2012 yang lalu, telah memuat 100 Koperasi Besar di seluruh Indonesia. Ini dia daftar 100 Koperasi Besar di seluruh Indonesia versi Majalah Peluang:   Kospin Jasa ... [Selengkapnya]
“Awalnya saya dan Bapak adalah tukang jahit. Profesi ini kami jalani dari sebelum menikah. Karena kami tidak ingin berprofesi seperti itu hingga tua nanti, kami pun berpindah profesi. sejak keinginan itu ada, saya pun bergabung bersama CU Pancur Kasih sejak tahun 2003. Berkat bantuan pinjaman ... [Selengkapnya]
Ikuti Kami
Website Resmi Credit Union Pancur Kasih | Kalimantan Barat | Indonesia
Copyright © 2013 by ICT CU Pancur Kasih, All Rights Reserved